Keutamaan Bulah Ramadhan

 Keutamaan Bulan Suci Ramadhan

Keutamaan Bulan Ramadhan- Bulan Ramadhan  merupakan bulan yang ditunggu-tunggu umat muslim di seluruh dunia, karena kita diwajibkan untuk berpuasa di siang hari, dengan kita berpuasa secara tidak langsung kita akan melatih kesabaran, melatih untuk menahan diri dari haus, lapar dan hawa nafsu selama berpuasa. Puasa dapat mensucikan jiwa kita, puasa dapat melatih manusia menjadi lebih bertaqwa.

Puasa (shaum), menurut bahasa Arab artinya menahan dari segala sesuatu, seperti menahan tidur, menahan berbicara, menahan makan, dan sebagainya. Hal yang serupa dikatakan oleh Usamah Abdul Aziz bahwa puasa (shaum) pada dasarnya berarti menahan diri dari melakukan suatu perbuatan, baik makan, berbicara maupun berjalan. Oleh karena itu, kuda yang tidak mau berjalan atau memakan rumput disebut shaim (kuda yang tidak mau berjalan). Penyair berkata, “Khailun Shiyaamuw wa Ukhro Ghairu Shaaimatin” artinya kuda_kuda ini tidak mau berjalan dan kuda_kuda yang lain mau berjalan.

Sedangkan puasa (shaum) menurut istilah agama Islam adalah amal ibadah yang dilaksanakan dengan cara menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan puasa mulai terbit fajar sampai terbenam matahari disertai dengan niat karena Allah dengan syarat dan rukun tertentu. Namun ada yang mengatakan bahwa puasa (shaum) adalah bentuk menahan yang khusus pada waktu yang khusus dengan cara yang khusus pula. Adapun pengertian Ramadhan adalah pembakaran. Istilah Ramadhan telah menjadi nama salah satu bulan dalam sistem penanggalan Hijriyah.

Dengan demikian, puasa Ramadhan adalah amal ibadah yang dilakukan dengan cara menahan yang khusus, yaitu menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan puasa pada waktu yang khusus yaitu selama bulan Ramadhan mulai dari terbit fajar sampai terbenam matahari disertai niat karena Allah dengan syarat dan rukun tertentu.

Keutamaan Bulan Ramadhan

Rasulullah saw bersabda: “Di bulan Ramadhan ada lima hal yang diberikan kepada ummatku dan tidak diberikan kepada ummat para nabi sebelumku:
pertama, setiap memasuki malam di bulan Ramadhan Allah swt memandang mereka dan setiap orang yang dipandang oleh Allah ia tidak akan diazab oleh- Nya;
kedua, ketika memasuki sore hari bahu mulut mereka lebih harum dari kasturi di sisi Allah;
ketiga, para malaikat memohonkan ampunan untuk mereka setiap hari dan malam;
keempat, Allah Azza wa Jalla berfirman kepada surga-Nya: berhiaslah dan persiapkan kamu untuk peristirahatan hamba-hamba-Ku dari kelelahan dan penderitaan dunia, agar mereka berada di rumah kemulian-Ku;
kelima, pada akhir malam bulan Ramadhan Allah Azza wa Jalla mengampuni semua dosa-dosa mereka.” Kemudian seorang sahabat bertanya: Apakah malam itu malam Al-Qadar? Beliau menjawab: “Bukan, tidakkah kamu melihat betapa besar pahala orang-orang yang beramal baik.” (Fadhail Al-Asyhur Ats-Tsalatsah: 91)

Itulah beberapa keutamaan bulan ramadhan, jadi setelah kalian mengetahuinya semoga saja kalian lebih semangat lagi dalam berpuasa dan melaksanakan amalan yang lainnya.
Sampai di Sini dulu ya, semoga saja infonya bermanfaat buat kalian ...

KEUTAMAAN BULAN RAMADHAN

0 comments "Keutamaan Bulah Ramadhan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment