Amalan Sunah di Bualan Ramadhan

Ditulis oleh: -

Mengerjakan Amalan-Amalan Sunah di Bualan Ramadhan

Ramadhan merupakan bualn yang penuh dengan berkah, selain kita di wajibkan untuk puasa di bulan ramadhan juga terselubung amalan-amalan suanh yang harus kita lakukan untuk menambah pahala di bulan suci ramadhan ini. Inilah kesempatan emas kita untuk meraih pahala sebanyak mungkin dan mendapat ampunan atas dosa-dosa yang pernah kita buat dengan memperbanyak ibadah / amalan sunnah tentu tanpa meninggalkan yang wajib. Dengan adanya bulan suci ramadhan ini di harapakan kita bisa mensucikan diri dan melakukan aktifitas di jalan yang benar dengan mendapatkan keridoan dari Allah SWT.

Berikut adalah amalan amalan sunah di bulan ramadhan :


1. Mengkhatamkan Al-Qur’an
Bulan Ramadhan adalah bulan Al-Quran. Pada bulan inilah Al-Qur’an pertama kali turun dari lauhul mahfuz ke langit dunia sekaligus. Allah berfirman:
Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)(al baqarah: 185)


2. Shalat tarawih
Abu Hurairah r.a. mengatakan bahwa Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang mendirikan (shalat malam) Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka diampuni dosanya yang telah lampau.”

3. Memperbanyak doa
Orang yang berpuasa ketika berbuka adalah salah satu orang yang doanya mustajab. Oleh karenanya perbanyaklah berdoa ketika sedang berpuasa terlebih lagi ketika berbuka. Berdoalah untuk kebaikan diri kita, keluarga, bangsa, dan saudara-saudara kita sesama muslim di belahan dunia.

4. Memberi buka puasa (tafthir shaim)
Memberi makanan kepada orang yang berpuasa adalah salah satu nilai positif  karena orang yang mau memberi makanan untuk buka puasa oahalanya sama dengan orang yang berpuasa. sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang berbunyi:” Barang siapa yang memberi ifthar (untuk berbuka) orang-orang yang berpuasa maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tanpa dikurangi sedikitpun”. (Bukhari Muslim)

5. Bersedekah
Rasulullah Saw pernah bersabda, "Allah berkata, 'Keluarkanlah (infaq) dan akan akan kukeluarkan untukmu'" Nabi Saw juga berkata, "tangan Allah adalah penuh, dan tidak akan berkurang meskipun dikeluarkan sepanjang siang dan sepanjang malam".

6. I’tikaf
I’tikaf adalah berdiam diri di masjid untuk beribadah kepada Allah. I’tikaf disunahkan bagi laki-laki dan perempuan; karena Rasulullah Saw. selalu beri’tikaf terutama pada sepuluh malam terakhir dan para istrinya juga ikut I’tikaf bersamanya. Dan hendaknya orang yang melaksanakan I’tikaf memperbanyak zikir, istigfar, membaca Al-Qur’an, berdoa, shalat sunnah dan lain-lain.

7. Umroh
Jika kita melakukan umroh dibulan ramadhan, maka itu adalah hal yang terbaik karna Rosullullah bersabda: “Umroh pada bulan Ramadhan seperti haji bersamaku.”


8. Memperbanyak berbuat kebaikan
Di bulan ramadhan adalah bulan yang penuh dengan berkah, maka kita harus memperbanyak kebaikan kepada semua orang karena orang yang melakukan kebaikan di bulan ramadhan maka pahalanya 2 kali lipat dari bulan biasanya.

Semoga kita termasuk orang-orang yang beruntung yang bisa memanfaatkan bulan ramadhan ini dengan penuh kebaikan. Dan semoga setelah kalian bisa mengetahui amalan-amalan di bulan ramadhan kalian bisa menikngkatkan amalannya. Amiin ...
Semoga Bermanfaat ..

Amalan Sunah Di Bulan Ramadhan

0 comments "Amalan Sunah di Bualan Ramadhan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment