Puasa Sebagai Perisai

Ditulis oleh: -

Puasa Sebagai Perisai Bagi yang Menjalankanya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Wahai sekalian para pemuda, barang siapa di antara kalian telah mampu untuk menikah makahendaknya ia menikah, karena menikah dapat lebih menundukkan pandangan, dan lebih menjagakehormatan. Barang siapa yang belum mampu menikah maka hendaklah ia berpuasa, karena puasa adalah penjaga baginya.” (HR. Bukhari dan Muslim) Maka pada hadits ini Rasulullah memerintahkan bagi orang yang telah kuat syahwatnya akantetapi belum mampu untuk menikah maka hendaknya ia berpuasa, karena puasa dapat menjadi pemutus syahwat ini, karena puasa menahan kuatnya anggota badan hingga badan bisa terkontrolmenenangkan seluruh anggota badan serta seluruh kekuatan (yang jelek) bisa di tahan hinggadapat melakukan ketaatan dan di belenggu dengan kendali puasa.Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda:“Tidaklah seorang hamba yang berpuasa di jalan Allah kecuali akan Allah jauhkan dia (karena puasanya) dari neraka sejauh tujuh puluh musim.” (HR. Bukhari dan Muslim)
Maksud sabda Rasulullah “70 musim” adalah perjalanan 70 tahun, sebagaimana yang dikatakanoleh Ibnu Hajar dalam Fathul Bari (6/48)Dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:“Barang siapa berpuasa satu hari di jalan Allah maka Allah akan menjadikan di antara nerakadan dirinya parit yang jaraknya sejauh bumi dan langit.”Maka hadits-hadits tersebut merupakan penjelasan tentang keutamaan berpuasa yang dilakukankarena ikhlas mengharapkan wajah Allah ta’ala sesuai dengan petunjuk yang telah diterangkanoleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Puasa Bisa Memasukkan Seorang Hamba ke Dalam Surga
Puasa dapat menjauhkan seorang hamba dari neraka, yang berarti mendekatkannya menujusurga.Seorang sahabat berkata kepada Rasulullah:“Wahai Rasulullah tunjukkan kepadaku suatu amalan yang bisa memasukkanku ke dalam surga.”Rasulullah bersabda:“Hendaklah engkau melaksanakan puasa karena tidak ada yang semisal dengannya.” (HR. Nasaai, Ibnu Hibban dan Al Hakim)Pahala Orang yang Berpuasa Tidak Terbatas, Bau Mulutnya Lebih Wangi Daripada WangiKesturi dan Ia Memiliki Dua Kebahagiaan.

Semoga Kita termasuk orang-orang yang beriman dan bertaqwa yang selalu menjahalan perinatah dari allah SWT. Amiin ..

0 comments "Puasa Sebagai Perisai", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment